Home » Pra Nikah » Mau Nikah? Persiapkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Menikah
Menikah

Mau Nikah? Persiapkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Menikah

Hai calon parents, untuk kamu sudah punya calon dan sebentar lagi akan menikah pasti berdebar-debar menunggu hari-H. Itu sangat wajar, mengingat ini adalah momen yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup bersanding dengan dia yang kita cintai. Menuju hari pernikahan, tentu banyak hal yang pastinya kamu siapkan, karena menikah bukan perkara mudah.

Berbicara mengenai persiapan pernikahan, butuh banyak sekali persiapan. Mulai dari persiapan acara, pesta pernikahan, hingga persiapan memasuki kehidupan pernikahan. Tak boleh sembarangan agar pernikahan tidak gagal nantinya. Lalu rumah tangga yang nanti dibangun dapat menjadi rumah tangga yang bahagia, sakinah, mawadah, warahmah.

Berbicara mengenai persiapan pernikahan, butuh banyak sekali persiapan. Mulai dari persiapan acara, pesta pernikahan, hingga persiapan memasuki kehidupan pernikahan.

Parentspedia.com

Untuk kamu yang berencana akan menikah dalam waktu dekat, atau masih dalam proses pencarian pasangan yang cocok denganmu, yuk simak 5 hal penting berikut ini yang mesti kamu persiapkan sebelum menikah.

Persiapkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Menikah

Semua orang tentu berharap pernikahannya menjadi momen bahagia yang hanya sekali seumur hidup. Untuk itu sangat penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum benar-benar memutuskan untuk menikah. Kurang lebih harus mempersiapkan 5 hal penting sebelum menikah, mulai dari persiapan fisik, mental, finansial dan ilmu untuk menjalani rumah tangga. Yuk cari tahu.

1. Persiapkan Fisik Yang Sehat

Sehat
Sumber : Freepik

Berkeluarga butuh kesiapan fisik, untuk bekerja mencari nafkah, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, hingga melakukan aktivitas seksual. Untuk itu sebelum menikah, lakukanlah medical checkup pra nikah agar mendapatkan informasi mengenai kondisi fisik baik pria maupun wanita. Konsultasikan juga mengenai usia dan kondisi vitalitasnya.

Cari Tahu Juga :  Fatherless, Ayah Engkau Di mana?

Kemudian selain itu, jika memiliki suatu penyakit tertentu, komunikasikanlah secara langsung kepada calon pasangan. Hal ini bertujuan agar calon pasangan mengetahui kondisi kesehatan fisik dan juga untuk mendapatkan solusi terbaik bersama sebelum melangkah ke jenjang pernikahan.

2. Persiapan Mental Yang Matang

Psikolog
Sumber : Freepik

Menjalani kehidupan rumah tangga tidak selamanya akan berjalan mulus atau indah tanpa masalah. Kehidupan rumah tangga adalah kehidupan yang memikul tanggungjawab yang besar. Hubungan akan mengalami pasang surut. Masalah akan senantiasa hadir untuk menguji ketangguhan selama hidup dengan pasangan.

Mengutip “Dynamics of Married and Family” dalam laman ecourseonline, kesiapan mental akan menentukan bagaimana seseorang mampu menerima hubungan dan peran baru, memikul tanggung jawab, serta sikap yang sehat dalam menghadapi kehidupan seksual, kehamilan, persalinan bahkan mertua.

Maka dari itu, agar nanti kehidupan rumah tangga kokoh ketika ada masalah yang menghadang, maka penting sebelum menikah untuk mempersiapkan mental dengan baik. Konsultasikan dengan psikolog untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mental kita. Kemudian komunikasikan langsung dengan calon pasangan agar mengetahui kondisi kita sebelum menikah.

3. Persiapan Finansial Yang Stabil

Rencana Menikah
Sumber : Freepik

Persiapan yang juga penting kita lakukan adalah persiapan finansial. Persiapan finansial ini berarti kemampuan dalam menghasilkan uang dan pengelolaannya, baik untuk jangka pendek maupun jangka Panjang. Tidak hanya untuk biaya pernikahan tetapi juga untuk biaya kehidupan setelah menikah.

Cari Tahu Juga :  5 Pesan Penting Dari Film Miracle in Cell No. 7 Untuk Keluarga

Perlu diingat bahwa setelah menikah akan datang kebutuhan untuk memiliki hunian sendiri. Kemudian jika memutuskan untuk memiliki anak, maka harus menyiapkan rencana biaya hidup untuk mereka. Tak hanya itu, harus mempersiapkan juga dana darurat dan dana pensiun untuk menunjang kehidupan di hari tua.

Dari banyaknya kebutuhan hidup setelah menikah, seberapapun uang yang bisa dihasilkan harus bisa mengelolanya dengan baik. Sehingga kehidupan rumah tangga nanti dapat berjalan dengan harmonis dan sejahtera.

4. Persiapan Ilmu Menjalani Kehidupan Rumah Tangga

Belajar
Sumber : Freepik

Pernikahan adalah langkah awal untuk membangun dan membina kehidupan rumah tangga bersama dengan pasangan seumur hidup. Untuk itu penting untuk mempersiapkannya dengan mempelajari ilmunya. Mempelajari ilmu tentang pernikahan dan segala seluk-beluk rumah tangga dapat melalui buku-buku, seminar dan juga sharing dengan orang-orang yang telah lebih dulu berumah tangga.

Mempersiapkan kecakapan keterampilan hidup seperti membersihkan rumah, memasak serta menjalankan kewajiban sebagai suami/istri/orangtua. Selain itu merawat organ reproduksi hingga pengetahuan alat kontrasepsi untuk pengaturan jarak kehamilan juga menjadi pengetahuan yang harus dimiliki sebelum menikah.

5. Persiapan Ilmu Pengasuhan Anak

Orangtua
Sumber : Freepik

Kehidupan rumah tangga sudah otomatis akan membangun yang namanya keluarga dengan adanya rencana untuk memiliki anak. Untuk itu persiapan yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki ilmu tentang pengasuhan anak, termasuk mulai dari masa kehamilan sampai anak lahir, tumbuh dan berkembang hingga dewasa.

Cari Tahu Juga :  5 Tipe Orangtua Ideal Ini Sangat Disukai Anak, Kenapa Ya?

Ilmu pengasuhan anak penting untuk dipersiapkan, bukan hanya untuk diri sendiri, namun ajak juga calon pasangan untuk mempelajarinya. Karena mengasuh anak bukan tugas salah satu dari orangtua, baik ayah atau ibunya, namun keduanya harus kompak dalam hal pengasuhan agar anak kelak menjadi pribadi yang sehat bukan hanya fisik namun juga secara perkembangannya.

Bagaimana? sudah makin mantap untuk ke jenjang selanjutnya? Atau merasa masih ada beberapa hal yang harus lebih dipersiapkan? Ingatlah untuk tidak hanya memikirkannya sendiri, tapi komunikasikanlah dengan calon pasanganmu untuk sama-sama memikirkan dan mempersiapkannya. Agar kemudian nanti dapat memasuki gerbang pernikahan yang sebentar lagi dengan persiapan yang matang.

What’s your Reaction?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

Tim Admin

Tim Admin Parentspedia

More Reading

Post navigation

6 Comments

  • Benar sekali. Jangan sampai lupa persiapan diri, minimal dengan 5 persiapan di atas. Rumah tangga tidak sesulit kata mereka, dan tidak pula semudah yang dibayangkan.

  • Sepakat dengan 5 point di atas. Dengan memahami kelima poin itu, tentu bisa meminimalisir konflik berkepanjangan dalam pernikahan.

  • terimakasih kak artikelnya sangat bermanfaat tentu dengan menerapkan poin 5 diatas semoga menjadi pondasi untuk membangun rumah tangga yang kuat dan melahirkan generasi yang terbaik

  • Benar sekali sih. Persiapan 5 hal ini emang penting banget, karena membangun rumah tangga tidak semudah yang dibayangkan hihi thanks ka sudah sharing

  • apapun memang harus dipersiiapkan dengan baik termasuk dalam menikah supaya tidak terjadi hal2 yang tidak diinginka nantinya

  • Terima kasih insightnya , hal-hal di atas penting untuk jadi refrensi bagi yang akan bersiap melanjutkan ke jenjang yang namanya pernikahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *