Home » Praremaja & Remaja » 5 Tipe Orangtua Ideal Ini Sangat Disukai Anak, Kenapa Ya?
Tipe Orangtua Ideal

5 Tipe Orangtua Ideal Ini Sangat Disukai Anak, Kenapa Ya?

Kenapa Ya? Mungkin ini jadi pertanyaan bagi kita semua para orangtua, mengenai tipe orangtua yang ideal bagi anak-anaknya. Hal itu wajar karena kita sadari bersama, bahwa hingga saat ini merasa belum dapat menjadi sosok orangtua yang ideal. Di sisi lain banyak juga anak yang mengeluh tentang orangtuanya. Dan jika mereka diberi kesempatan, mereka ingin mengutarakannya.

Membentuk dan mendidik karakter anak menjadi pribadi yang sholeh, cerdas dan aktif itu tidaklah mudah. Dalam prosesnya harus ada dukungan antara orangtua dan anak. Hal tersebut bisa terjadi jika anak menyukai orangtuanya. Maksudnya adalah adanya sebuah penerimaan segenap hati pada pribadi anak terhadap sosok dan pola pengasuhan orangtuanya.

Nah, jika orangtua telah disukai anak-anak, maka  proses pembentukan karakter akan berjalan sesuai dengan harapan. Sehingga mereka pun akan tumbuh dengan bahagia. Untuk disukai, orangtua harus mampu menjadi sosok yang ideal bagi anaknya.

Jika orangtua telah disukai anak-anak, maka  proses pembentukan karakter akan berjalan sesuai dengan harapan.

kenapaya.id

Ideal bukan berarti harus sempurna. Definisi orangtua ideal juga bukan sesuatu yang pasti atau mutlak. Apa yang tampak seperti ciri-ciri orangtua yang ideal bagi satu orang, mungkin tidak sesuai dengan pendapat orang lain. Namun secara umum, ada beberapa sifat dan kebiasaan yang dapat kita temukan pada orangtua yang mempraktikkan keterampilan mengasuh anak yang baik.

Cari Tahu Juga :  Ampun Deh! Anak Kok Susah Patuh Sama Orangtua, Kenapa Ya?

Selanjutnya, berikut ini tipe orangtua ideal bagi sang buah hati. Orangtua yang dibutuhkan dan akan disukai oleh anak-anaknya.

1. Orangtua suka memberikan perhatian dan selalu ada untuk anak

Orangtua disukai anak
Orangtua perhatian pada anak

Setiap anak pasti sangat menyukai orangtua yang hangat dengan perhatiannya dan selalu ada untuk mereka. Orangtua tipe ini dapat membuat anak merasakan kenyamanan karena ia tahu bahwa orangtuanya begitu mencintainya hingga selalu ada untuknya.

Perlu kita pahami pula, memberikan perhatian bukan berarti overprotektif. Wujud memberikan perhatian pada anak kita lakukan dengan menanggapi dan memahami berbagai perasaan yang melingkup. Hal itu dapat berupa menyapa anak, seperti tersenyum kepadanya dengan menanyakan berbagai kegiatan yang telah, sedang, dan yang akan anak lakukan.

Kemudian bangun komunikasi antara orangtua dan anak. Hindari kesalahan komunikasi yang sering terjadi ketika orangtua mendengarkan jawaban-jawaban dari anak. Dengarkanlah dengan penuh antusias, maka anak juga akan semakin antusias dalam mengekspresikan pikiran serta perasaannya. Terlebih lagi jika pada saat mendengarkannya, orangtua juga memberikan sentuhan-sentuhan, pelukan, ataupun kecupan pada anak.

2. Orangtua yang humoris dan penuh kejutan

Orangtua disukai anak
Orangtua humoris dan penuh kejutan

Siapa yang tidak suka dengan orang yang humoris dan penuh kejutan? Jawabannya tidak ada. Orang yang berkepribadian serius pun akan membutuhkan kehadiran orang yang humoris. Begitupun juga dengan anak. Sudah merupakan fitrahnya anak-anak sangat menyukai hiburan dan kejutan.

Cari Tahu Juga :  Menu Sehat yang Bisa Tingkatkan Kesuburan saat Program Hamil

Hindari menjadi sosok orangtua yang galak, alih-alih menunjukkan sikap tegas pada anak. Sikap tersebut hanya akan membuat anak takut bahkan membenci orangtuanya. Lebih baik menjadi orangtua yang humoris agar anak selalu merasa nyaman dan terhibur jika berada dekat dengan kita. Kemudian berilah kejutan pada anak sebagai cara untuk memberi apresiasi atas segala prestasi dan kebaikan yang telah anak lakukan.

Lebih baik menjadi orangtua yang humoris agar anak selalu merasa nyaman dan terhibur jika berada dekat dengan kita.

kenapaya.id

3. Orangtua yang berkata jujur dan menepati janji

Orangtua ideal bagi anak
Orangtua yang berkata jujur dan menepati janji

Selain orangtua yang humoris, anak juga sangat menyukai tipe orangtua yang selalu berkata jujur dan menepati janji apabila berjanji sesuatu pada mereka. Jika orangtua ingin anaknya memiliki karakter yang jujur dan bertanggungjawab maka hal tersebut harus orangtua contohkan terlebih dahulu sejak dini.

Berusahalah untuk jangan pernah mengingkari janji sekecil apapun. Janji yang telah kita ucapkan pada sang anak akan terus mereka ingat. Sekali kita tidak menepati janji, hal tersebut akan menjadi contoh yang akan anak anggap bisa mereka ikuti. Jika tidak bisa menepatinya maka ucapkan maaf dan beritahu alasannya agar anak juga bisa belajar dari hal tersebut.

4. Orangtua tegas yang menghukum dengan mendidik

Orangtua ideal
Orangtua yang tegas dalam mendidik

Setiap anak pada masa belajar pasti akan banyak membuat kesalahan. Hal itu wajar terjadi. Untuk itu sebagai orangtua, kita harus dapat mengendalikan diri saat berada pada situasi anak membuat kesalahan. Jauhi reaksi buruk yang sering orangtua lakukan. Nah, orangtua yang ideal itu harus tahu cara tepat dalam memberikan hukuman pada anak. Maksud dari hukuman tersebut bukan dalam arti kekerasan.

Cari Tahu Juga :  Ini Musuh Terbesar Orangtua Dalam Mendidik Anak, Kenapa Ya?

Hukuman yang dapat mendidik anak agar tahu bahwa ia telah berbuat kesalahan. Berikan sebuah penjelasan bahwa yang mereka lakukan itu salah. Dan sebaiknya sekaligus berikan contoh yang benar seperti apa agar tidak terulang kembali kesalahan yang sama. Dengan demikian, akan muncul kesadaran pada diri anak sekaligus tidak ada rasa ketakutan yang berlebihan pada diri anak.

5. Orangtua yang memberikan kebebasan dalam porsi yang wajar

Orangtua disukai anak
Orangtua memberi kebebasan yang wajar

Tipe orangtua ideal terakhir ini ialah orangtua yang memberikan kesempatan pada anak untuk bermain dan belajar dengan mengeksplorasi lingkungannya. Dengan kebebasan dalam porsi yang wajar mereka dapat mempelajari hal baru lainnya yang mungkin tidak bisa mereka dapatkan jika hanya diam di rumah.

Memberikan kebebasan yang wajar bagi anak sangat penting karena anak tidak akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika mereka kita batasi ruang geraknya. Memiliki sifat protektif memang diharuskan bagi setiap orangtua, namun jangan sampai hal tersebut akhirnya merampas kebebasan anak kita untuk bermain dan belajar hal baru dari dunia luar. Berikan kebebasan namun tetap dengan pengawasan.

Memberikan kebebasan yang wajar bagi anak sangat penting karena anak tidak akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika mereka dibatasi ruang geraknya. Berikan kebebasan namun tetap dengan pengawasan.

kenapaya.id

Selama menjalani peran sebagai orangtua, kita memang belum dapat menjadi sosok yang ideal bagi anak-anak. Namun bukan berarti kita tidak bisa. Dengan mengetahui 5 tipe orangtua ideal ini kita dapat mengintrospeksi diri dan berusaha lebih baik lagi sebagai orangtua, agar dapat menjadi sosok yang ideal dan dibutuhkan kehadirannya oleh anak-anak secara fisik dan emosional.

Cari Tahu Juga :  Download Ocean Animals Scissors Skills Pages

Selain 5 tipe di atas, bagaimana orangtua yang ideal menurut ayah dan bunda?

Bagaimana Reaksinya, Parents?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

Tim Admin

Tim Admin Parentspedia

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *