Home » Anak » Printable Media Gratis Untuk Kegiatan Stimulasi Anak Di Rumah
Stimulasi anak

Printable Media Gratis Untuk Kegiatan Stimulasi Anak Di Rumah

Hai Parents, Pada zaman sekarang, banyak orangtua yang sudah memiliki pemahaman tentang pentingnya membangun potensi anak sejak usia sedini mungkin. Para orangtua termasuk kita memasukan anak-anak usia balita kepada lembaga-lembaga pendidikan walaupun belum memasuki usia wajib sekolah. Akhirnya lembaga pendidikan usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) menjadi pilihan para orangtua.

Perlu kita tahu, bahwa pada anak usia balita, sebenarnya masih tanggungjawab kita dalam melatih dan menstimulasi kemampuan kognitif dan motoriknya. Menurut Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi., psikolog pendidikan anak dan keluarga, bahwa sebenarnya anak usia prasekolah tidak perlu untuk sekolah. Intinya stimulasi yang terpenting adalah yang orangtua lakukan di rumah.

Walaupun kita telah memasukan anak-anak kepada lembaga-lembaga pendidikan, sebagai orangtua kita juga harus menstimulasi anak di rumah. Aktivitas stimulasi dapat kita lakukan dengan menggunakan apapun yang ada di rumah. Aktivitasnya sesuai dengan usia dan kemampuan perkembangannya. Bukan membaca, menulis dan berhitung, anak usia balita harus dengan cara yang menyenangkan. Untuk itu banyaklah bermain sambil belajar, maksudnya dengan bermain anak bisa sekaligus belajar.

Stimulasi kemampuan kognitif dan motorik anak dengan printable gratis

Download printable
Printable worksheet gratis

Sekarang, kita perlu menciptakan lingkungan di rumah yang mampu mendukung proses belajar anak-anak. Ini bertujuan untuk membantu anak-anak mencapai tujuan kompetensi. Selain itu penting juga menyiapkan media-media belajar yang akan kita gunakan dalam menstimulus anak.

Cari Tahu Juga :  Menjadi Orang Tua yang Asik dan Tidak Ketinggalan Zaman

Media belajar seperti worksheet, flashcard, poster, playmate dan lain-lain menjadi perlengkapan wajib yang harus kita sediakan. Nah, beragam kebutuhan tersebut tidak perlu bingung bagaimana menyediakannya. Semua itu dapat kita download secara gratis dalam platform ini. Parentspedia.com menyediakan kolom printable yang berisi beragam media yang sesuai dengan kebutuhan.

Media belajar seperti worksheet, flashcard, poster, playmate dan lain-lain menjadi perlengkapan wajib yang harus kita sediakan dalam kegiatan stimulasi anak.

parentspedia.com

Media printable berbentuk dalam format pdf. Semua file dapat langsung kita cetak dalam media kertas beragam jenis sesuai dengan ukurannya. Selain itu juga bisa dalam bentuk banner untuk menjadi media bermain anak di rumah, misalnya playmate. Akses download media printable ada pada akhir dari artikel ini. Kemudian agar kita mengetahui update media terbaru, bisa bergabung dalam channel telegramnya.

Manfaat orangtua turun langsung menstimulasi anak di rumah

Stimulasi anak
Manfaat orangtua menstimulasi anak / Freepik

Aktivitas orangtua bersama anak di rumah dalam rangka membantu tumbuh kembangnya tentu banyak manfaatnya. Kita sadari atau tidak banyak manfaat yang akan kita rasakan, baik secara langsung maupun dalam jangka waktu ke depan. Manfaat-manfaat tersebut antara lain,

1. Orangtua mengetahui langsung perkembangan anak

Perkembangan anak
Orangtua mengetahui langsung perkembangan anak / Freepik

Mengetahui langsung perkembangan anak menjadi manfaat yang akan langsung kita rasakan. Bagaimana tidak, aktivitas-aktivitas yang anak lakukan di rumah semuanya kita yang mengaturnya. Dari sanalah tentunya kita bisa mengetahui sekaligus mengukur perkembangan anak. Dengan demikian kita jadi paham apa saja kebutuhan anak untuk mencapai suatu kompetensi tertentu.

Cari Tahu Juga :  Printable Worksheet Mewarnai Gambar Ambulan

2. Mendekatkan hati anak dengan orangtua

Anak akrab
Orangtua dekat dengan anak / Freepik

Beraktivitas bersama anak mampu mendekatkan hati kita dengan anak. Kedekatan tersebut membuat kita bisa memahami anak dengan lebih dekat. Efek jangka panjangnya, anak akan dapat lebih akrab dengan orangtua. Jika sudah akrab, maka nilai-nilai positif dapat kita tanamkan pada anak sedini mungkin. Jadi sesibuk apapun aktivitas kita, usahakan ada waktu untuk langsung mendampingi mereka belajar.

3. Membantu anak untuk belajar memecahkan persoalannya

Masalah anak
Orangtua membantu permasalahan anak / Freepik

Pada usia balita, anak bisa saja menghadapi persoalan dalam kehidupannya. Walau persoalan anak balita itu bagi kita hal yang sepele, namun tetap harus menjadi perhatian kita. Nah, kedekatan kita dengan anak dapat membuat kita memahaminya dan membantu mereka untuk belajar menghadapi dan memecahkan persoalannya.

4. Membuat anak menjadi lebih tenang

Anak bahagia
Anak lebih tenang perasaannya / Freepik

Kedekatan orangtua dengan anak selama melakukan aktivitas stimulus di rumah akan membuat anak menjadi lebih tenang. Anak-anak akan lebih stabil emosinya. mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan mampu mengelola emosinya dengan baik. Dengan kata lain, manfaatnya sangat besar bagi tumbuh kembang anak di kemudian hari.

Itulah manfaat yang akan kita rasakan. Dari sana kita memahami bahwa sebagai orangtua, betapa pentingnya untuk aktif secara langsung dalam proses stimulasi tumbuh kembang anak di rumah. Wawasan tentang tumbuh kembang anak dapat kita peroleh dari platform Parentspedia.com. Dengan wawasan tersebut kita bisa menstimulus dengan beragam aktivitas yang tepat bagi anak sesuai usia dan perkembangannya.

Cari Tahu Juga :  Ajarkan Anak Pendidikan Seksual Sesuai Usianya. Begini Caranya

Media belajar anak dapat kita download secara gratis di sini. Gabung juga channel telegram untuk mendapatkan update terbaru konten printable dan artikel parenting yang akan sangat bermanfaat untuk kita semua. Join sekarang! Pada konten-konten premium eksklusif, akses dengan memasukan alamat email pada kolom subscribe. Manfaatnya akan mendapat info-info terbaru dan membaca konten-konten premium eksklusif.

Bagaimana Reaksinya, Parents?
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

Tim Admin

Tim Admin Parentspedia

More Reading

Post navigation

6 Comments

  • iya nih, biasanya saya beli buku mewarnai atau ga gtu ambil gambar dari internet trus diprint untuk diwarnai anak.

  • Artikelnya menarik, detail & sangat rapi..

    Salah satu ide saya utk mendidik anak usia dini adalah dengan menyediakan mainan yg merangsang keinginannya utk membuat sesuatu, sepeti permainan susun balok ato lego, kemudian menyediakan perlengkapan menggambar & biarkan mereka mencorat coret media gamba sesuka hati..

    Anak usia dini gk perlu dipaksa utk belajar hal2 taktis, tp menciptakan sebuah kebiasaan yg bikin mereka nyaman & terangsang utk aktif..

  • saya banget nih kak, sering memanfaatkan printable gratis atau beli lembar aktivitas yang sudah jadi, bermanfaat banget saat mati ide untuk bermain dengan anak

  • Yap, sangat inspiratif tulisannya. Dalam mendukung satu aspek perkembangan kognitif anak, memang melalui media ini. Selain melatih motorik anak. Media Printable ini bisa melihat minat dan potensi anak di bidang seni.

  • Seneng banget, orangtua yang memiliki range usia balita, bisa banget mencoba stimulasi ananda menggunakan media yang sesuai. Aku jadi ingat masa-masa anak-anak usia pra-sekolah. Rasanya agenda dipenuhi dengan mendampingi anak beraktivitas, karena di golden age, golden moment.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *