Home » Balita » 10 Makanan Dengan Lemak Sehat Yang Baik Untuk Bayi
Bayi makan

10 Makanan Dengan Lemak Sehat Yang Baik Untuk Bayi

Hai parents, bagi orang dewasa, makanan berlemak mungkin menjadi sesuatu yang harus dikurangi. Persoalan seperti kolesterol tinggi, obesitas, kanker dan berbagai penyakit lain yang menjadi sebabnya. Namun sebaliknya bagi bayi. Makanan berlemak justru memiliki banyak manfaat untuk proses perkembangan bayi.

Mengutip Kids Health, lemak merupakan nutrisi dalam makanan yang tubuh gunakan untuk membangun membran sel, jaringan saraf, dan hormon. Anak-anak, terutama bayi dan balita, membutuhkan makanan berlemak untuk perkembangan otaknya.

Lemak merupakan nutrisi dalam makanan yang tubuh gunakan untuk membangun membran sel, jaringan saraf, dan hormon

parentspedia.com

Menurut dr. Kevin Adrian dalam laman alodokter, untuk anak yang berusia di bawah 2 tahun, pemberian lemak pada MPASI sebaiknya tidak orangtua batasi, baik jenis lemak jenuh, lemak tak jenuh, maupun lemak trans.

Lebih lanjut, lemak pada MPASI berperan penting untuk menambah nilai kalori pada makanan. Lemak juga berperan dalam meningkatkan nafsu makan bayi dan proses penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K, di dalam tubuh bayi.

Makanan dengan lemak yang baik untuk bayi

Nah parents, berikut ini beberapa makanan yang mengandung lemak sehat yang baik untuk bayi.

1. Olive oil / Minyak zaitun

Minyak zaitun
Sumber : Freepik

Minyak yang berasal dari zaitun merupakan jenis minyak yang mengandung lemak sehat sekaligus vitamin E yang bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan yang sehat dan berkontribusi pada perkembangan saraf pada bayi. Minyak ini dapat digunakan untuk memasak bahan MPASI yang mengandung protein, misalnya daging-dagingan.

Cari Tahu Juga :  Ucapan-Ucapan Ajaib Ini Harus Anak Dengar Dari Orangtua, Kenapa Ya?

2. Mentega

Mentega
Sumber : Freepik

Bahan pengganti minyak yang mengandung lemak adalah mentega. Mentega yang mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, E, K, dan B12. Selain itu juga mengandung riboflavin, kalsium, dan niasin yang membantu tumbuh kembang bayi. Selain itu, mentega memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat untuk perkembangan otak.

3. Alpukat

Alpukat
Sumber : Freepik

Alpukat memiliki kandungan gizi yang luar biasa, mulai dari lemak sehat, berbagai jenis vitamin, dan berbagai macam mineral. Beberapa di antaranya yaitu vitamin A, B6, C, E, K, serta kalsium, zinc, zat besi, dan kalium. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba yang baik untuk kesehatan bayi.

4. Yoghurt Plain

Yoghurt Plain
Sumber : Freepik

Yoghurt plain atau tawar merupakan produk olahan susu yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus bayi. Namun, karena rasanya cenderung asam, yoghurt mungkin bisa bunda tambahkan dengan bahan makanan lain, seperti buah-buahan dan sayuran segar.

5. Telur Organik

Telur organik
Sumber : Freepik

Telur organik memiliki kandungan omega-3 lebih baik dari pada telur biasa. Bahan makanan yang satu ini juga termasuk salah satu makanan yang bayi sukai dan mudah untuk bunda masak dengan berbagai cara, seperti telur mata sapi, telur orak-arik, telur rebus, atau digunakan untuk bahan membuat kue.

6. Salmon

Salmon
Sumber : Freepik

Salmon memiliki kandungan protein dan lemak sehat seperti omega-3 dengan EPA dan DHA yang baik untuk perkembangan bayi. Jika ingin menyajikan salmon untuk bayi, pastikan bunda memasaknya sampai matang karena bayi tidak boleh mengonsumsi makanan mentah.

Cari Tahu Juga :  Kumpul Lebaran, Anak Kok Takut Saat Bertemu Orang Baru, Kenapa Ya?

7. Selai Kacang

Selai kacang
Sumber : Freepik

Memperkenalkan selai kacang pada bayi sejak awal dapat mencegah si kecil alergi kacang-kacangan di kemudian hari. Kandungan lemak sehat di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan jantung bayi. Selain itu, selai kacang mengandung antioksidan yang dapat melindungi si kecil dari bahaya radikal bebas.

8. Keju Cheddar

Keju
Sumber : Freepik

Keju cheddar merupakan salah satu jenis keju yang memiliki kandungan lemak sehat, vitamin K, dan kalsium yang baik untuk kesehatan bayi. Jenis keju ini dapat bunda hidangkan bersama makanan lain, dijadikan topping, atau dipotong kecil-kecil untuk camilan bayi.

9. Minyak Canola

Minyak canola
Sumber : Freepik

Minyak canola merupakan jenis minyak nabati yang terbuat dari biji tanaman Canola (Brassica napus). Kandungan omega-3 pada minyak canola lebih tinggi dari pada dengan jenis minyak lainnya seperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, dan minyak jagung.

Selain itu, jika dibandingkan jenis minyak lainnya, minyak ini mengandung lemak jenuh yang lebih rendah. Minyak canola sebaiknya tidak dipanaskan dalam suhu tinggi.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa
Sumber : Freepik

Ada 2 jenis minyak kelapa yang beredar di pasaran, yaitu virgin coconut oil (VCO) dan minyak kelapa biasa (refined coconut oil). Perbedaan antara kedua jenis minyak tersebut terletak pada proses pengolahannya.

Minyak kelapa biasa berasal dari daging kelapa yang dikeringkan, digiling, lalu diperas. Sementara itu, pembuatan VCO dari santan kelapa murni. Kedua jenis minyak kelapa ini baik bunda gunakan sebagai lemak tambahan MPASI karena kandungan lemak sehat dan antioksidan yang cukup tinggi.

Cari Tahu Juga :  Sekarang Anak Balita Bunda Kok Mulai Membantah, Kenapa Ya?

Nah parents, itulah makanan yang mengandung lemak yang bisa menjadi bahan olahan MPASI. Sekarang parents sudah tahu bahwa lemak dalam MPASI sangat besar manfaatnya. Dari bahan makanan yang mengandung lemak baik itu dapat bunda kreasikan dalam menu MPASI, agar si Kecil makan lebih lahap dan bersemangat.

What’s your Reaction?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

Tim Admin

Tim Admin Parentspedia

More Reading

Post navigation

9 Comments

  • Dulu waktu anak awal MPASI, saya kasih santan kental 1 sendok makan sehari, alhamdulillah berat badannya juga naik terus, dan selalu sehat

  • Minyak zaitun dan minyak kelapa yang saya gunakan, Mungkin karena paling mudah mendapatkannya dan harga terjangkau juga terbukti khasiatnya baik untuk dikonsumsi atau untuk pemakaian luar

  • Zaman aku masih berharap raka bisa makan, aku biasa kasih lemak dari butter kalau gak salah deh sama minyak zaitun. Terutama zaitun iya, Karena menurut penuturan emak” lain minyak zaitun yg paling bagus. Aku ngikut aja.

    Padhal pilihan lemak utk mpasi tuh banyak macamnya dan semuanya bagus iya

  • Terima kasih banyak infonya kak. Kebetulan lagi persiapan mpasi buat si dedek. Semoga suka dengan varian lemak yang ada.

  • Waah nice info kak! Bayi emang butuh lemak sehat dalam perkembangannya, jadi ga boleh asal banget sebagai orang tua. Thanks sudah sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *